RSS

Inilah 6 Surga Dunia yang Terancam Musnah

 
- Di bumi banyak tempat yang menyajikan keindahan alam yang sangat menakjubkan, sehingga tempat-tempat tersebut disebut 'surga dunia'. Keunikan yang disajikan oleh tempat-tempat tinggi berhasil membuat kita tercengang dan kagum. Beberapa tempat ini juga dijadikan tempat tinggal oleh spesies hewan dan tumbuhan yang sangat langka
Namun, pemanasan global, aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab, naiknya permukaan air laut, dan penebangan liar membuat keberadaan 'surga dunia' ini terancam. Berikut ini 7 surga dunia yang terancam musnah,
1. Great Barrier Reef
Great Barrier Reef sering dijadikan wisatawan sebagai tempat snorkeling dan diving yang asik. Terumbu karang yang ada di sini disebut-sebut sebagai terumbu karang terbesar di dunia.
Tahun 1981, UNESCO menetapkan terumbu karang yang ada di pantai lepas Queensland, Australia ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Great Barrier Reef memiliki 3000 terumbu karang dengan luas 2600 km dan menjadi rumah bagi biota laut terlengkap di dunia.
Sayangnya, terdapat berita yang cukup menyedihkan untuk kelangsungan hidup terumbu karang di Great Barrier Reef. Terjadinya pengapuran karang, pencemaran air laut, badai siklon, dan meningkatnya suhu laut rupanya merusak terumbu karang yang sudah terbentuk selama ribuan tahun.
Pada tahun 2036 diperkirakan setidaknya 60% terumbu karang akan lenyap.
2. Kutub Utara dan Kutub Selatan
Hanya di dua tempat ini Aurora borealis bisa dilihat dengan mata telanjang. Aurora borealis adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala dan terjadi di lapisan ionosfer. Tidak hanya itu di kutub utara dan kutub selatan Anda bisa melihat hewan kutub seperti beruang kutub, singa laut, paus, dan penguin. Walaupun kutub utara dan kutub selatan menjadi tempat pengatur keseimbangan ekosistem, kedua tempat ini berada dalam ancaman kepunahan.
Setidaknya setiap 10 tahun es di Kutub Utara dan Kutub Selatan makin berkurang sebanyak 3% akibat pemanasan global. 80% populasi penguin di Antartika dan beruang kutub di Artik terancam punah akibat mencairnya es di kutub utara dan kutub selatan. Mungkin 20 hingga 40 tahun lagi penguin dan beruang kutub akan menjadi sejarah.
3. Laut Mati
Salah satu hal yang belum diketahui khalayak umum adalah Laut Mati sebenarnya ialah sebuah danau yang terletak di antara Israel, Palestina, dan Yordania. Laut Mati memiliki kandungan garam yang lebih tinggi dibandingkan air laut biasa. Kandungan garamnya mencapai 10 kali lipat dibandingkan air laut biasa.
Tingginya kadar garam yang terkandung dalam Laut Mati membuat Anda akan mengapung di permukaan laut mati dan tidak akan tenggelam. Tidak hanya itu kandungan mineral yang terdapat dalam Laut Mati dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.
Namun dalam 4 dekade belakangan, sepertiga Laut Mati telah menyusut dan tiap tahun laut mati tenggelam sedalam 80 kaki. Mungkin 50 tahun lagi Anda tidak akan melihat danau ini. Hal ini disebabkan oleh pasokan air ke Laut Mati yang terus berkurang dan pembangunan resor juga eksploitasi lumpur yang dilakukan secara besar-besaran untuk produk kecantikan.
4. Pulau Komodo
Pulau Komodo terletak di negara Indonesiadan berhasil masuk dalam keajaiban dunia. Di Pulau Komodo Anda bisa menemukan salah satu spesies kadal terbesar di dunia yaitu Komodo. Selain itu air lautnya yang jernih dan banyak spesies hewan laut dan terumbu karang menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan.
sayangnya Pulau Komodo terancam musnah titik keberadaan hutan bakau yang ada di pesisir terancam punah akibat naiknya permukaan air laut. Tidak hanya itu perubahan temperatur dan pengasaman air juga merusak karang yang ada di sekitar pulau. Beberapa tahun lagi komodo hanyalah sejarah.
5. Madagaskar
Di Madagaskar setidaknya ada lebih dari 80% fauna dan flora yang hidup di sini. Semua fauna dan flora yang ada di tempat ini jarang ditemukan di tempat lain. Hal ini disebabkan dulu Madagaskar terisolasi akibat terletak di tengah Samudra Hindia.
Diperkirakan setidaknya 35 tahun lagi Madagaskar hanyalah kenangan. Kini Madagaskar dikunjungi oleh banyak orang untuk mengeksploitasi kekayaannya. Madagaskar adalah hutan terbesar ke-4 di dunia yang sekarang luasnya tinggal 20.000 meter persegi. Sebelumnya Madagaskar memiliki luas 120.000 meter persegi. Tentu saja hal ini mengancam setidaknya 20 spesies lemur dan tanaman langka yang hidup di Madagaskar.
6. Altai Siberia
Altai Siberia terletak di daerah barat pegunungan Siberia dan menjadi zona dengan urutan vegetasi yang paling lengkap di Siberia. Urutan vegetasi tersebut adalah padang rumput, hutan, hutan campuran, vegetasi alpine subalpine. Di Altai Siberia terdapat macan tutul salju.
Namun temperatur bumi yang semakin meningkat membuat Altai Siberia terancam musnah. Altai Siberia ini sudah menjadi bukti sistem ekologikal yang unik. Daerah ini dipastikan tidak akan bertahan lama

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS