RSS

Marc Márquez Alenta

Marc Márquez Alenta
Marc Marquez 2011 Brno 1.jpg
Márquez di Brno 2011
Kebangsaan  Spanyol
Lahir 17 Februari 1993 (umur 21)
Cervera, Spanyol
Tim saat ini Repsol Honda
No. motor 93
[sembunyikan]Statistik karier
Kejuaraan dunia kelas MotoGP
Tahun aktif 2013–
Pabrikan Honda
Juara dunia 1 (2013)
Klasemen 2013 1st (334 pts)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
18 6 16 9 11 334
Kejuaraan dunia kelas Moto2
Tahun aktif 2011–2012
Pabrikan Suter-Honda
Juara dunia 1 (2012)
Klasemen 2012 1st (324 pts)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
32 16 25 14 7 575
Kejuaraan dunia kelas 125cc
Tahun aktif 2008–2010
Pabrikan KTM, Derbi
Juara dunia 1 (2010)
Klasemen 2010 1st (310 pts)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
46 10 14 14 9 467
Marc Márquez Alenta (lahir 17 Februari 1993 di Cervera, Lleida, Spanyol) adalah pembalap MotoGP dan adalah pembalap juara dunia kelas 125cc pada tahun 2010 dan kelas Moto2 pada tahun 2012.

Daftar isi

  • 1 Karier
    • 1.1 Kejuaraan dunia 125cc
    • 1.2 Kejuaraan dunia kelas Moto2
  • 2 Statistik
    • 2.1 Musim ke musim
    • 2.2 Kelas ke kelas
    • 2.3 Balapan dari Tahun ke tahun
  • 3 Referensi
  • 4 Pranala luar

Karier

Kejuaraan dunia 125cc

Marc Marquez membuat debutnya di kejuaraan pada tanggal 13 April 2008 kelas 125cc, di GP Portugal 2008 pada usia 15 tahun 56 hari. Dia adalah pembalap termuda spanyol yang berhasil merebut posisi pole dan podium di ajang kejuaraan MotoGP.

Márquez di GP Belanda 2010 .
Márquez memperoleh podium pertamanya tanggal 22 Juni 2008 di GP Inggris 2008 pada usia 15 tahun 127 hari. Pada 2009, dia adalah pembalap pabrikan KTM dan di GP Perancis 2009, dia memperoleh posisi pole pertamanya pada usia 16 tahun 89 hari. dia juga meraih pole di GP Spanyol 2010 tetapi dia terkena musibah pada lap pertama ketika pipa knalpotnya jatuh dan berada dibawah ban belakang, yang menyebabkan Márquez mengalami kecelakaan berat dan mencederai bahunya.Kemenangan pertamanya diraih pada tanggal 6 Juni 2010 di GP Italia 2010. Kemenangan selanjutnya terjadi di GP Inggris 2010 , GP Belanda 2010 dan GP Catalan 2010 yang menjadikan Márquez sebagai pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut.[1] Kemenangan kelimanya diraih di GP Jerman 2010 dan menjadi kemenangan Derbi yang ke-100 di kejuaraan MotoGP. Márquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi di 1997 yang memenangkan 5 balapan berturut-turut di balapan 125cc.[2]
Empat kemenangan berturut-turut dari GP Jepang 2010 sampai GP Portugal 2010 telah menempatkan Márquez memimpin dengan 17 poin Marc Márquez Alenta (lahir 17 Februari 1993 di Cervera, Lleida, Spanyol) adalah pembalap MotoGP dan adalah pembalap juara dunia kelas 125cc pada tahun 2010 dan kelas Moto2 pada tahun 2012.

Daftar isi

  • 1 Karier
    • 1.1 Kejuaraan dunia 125cc
    • 1.2 Kejuaraan dunia kelas Moto2
  • 2 Statistik
    • 2.1 Musim ke musim
    • 2.2 Kelas ke kelas
    • 2.3 Balapan dari Tahun ke tahun
  • 3 Referensi
  • 4 Pranala luar

Karier

Kejuaraan dunia 125cc

Marc Marquez membuat debutnya di kejuaraan pada tanggal 13 April 2008 kelas 125cc, di GP Portugal 2008 pada usia 15 tahun 56 hari. Dia adalah pembalap termuda spanyol yang berhasil merebut posisi pole dan podium di ajang kejuaraan MotoGP.

Márquez di GP Belanda 2010 .
Márquez memperoleh podium pertamanya tanggal 22 Juni 2008 di GP Inggris 2008 pada usia 15 tahun 127 hari. Pada 2009, dia adalah pembalap pabrikan KTM dan di GP Perancis 2009, dia memperoleh posisi pole pertamanya pada usia 16 tahun 89 hari. dia juga meraih pole di GP Spanyol 2010 tetapi dia terkena musibah pada lap pertama ketika pipa knalpotnya jatuh dan berada dibawah ban belakang, yang menyebabkan Márquez mengalami kecelakaan berat dan mencederai bahunya.Kemenangan pertamanya diraih pada tanggal 6 Juni 2010 di GP Italia 2010. Kemenangan selanjutnya terjadi di GP Inggris 2010 , GP Belanda 2010 dan GP Catalan 2010 yang menjadikan Márquez sebagai pembalap termuda yang memenangkan empat balapan berturut-turut.[1] Kemenangan kelimanya diraih di GP Jerman 2010 dan menjadi kemenangan Derbi yang ke-100 di kejuaraan MotoGP. Márquez menjadi pembalap pertama sejak Valentino Rossi di 1997 yang memenangkan 5 balapan berturut-turut di balapan 125cc.[2]
Empat kemenangan berturut-turut dari GP Jepang 2010 sampai GP Portugal 2010 telah menempatkan Márquez memimpin dengan 17 poin diatas Nicolas Terol dengan hanya satu seri yang tersisa. Di GP Portugal 2010 , bendera merah berkibar di balapan karena hujan,sebelum bendera berkibar Márquez berada diposisi kedua dibawah Terol. Ketika kembali ke grid untuk balapan kedua, Márquez terjatuh pada lap pemanasan dan harus kembali ke pit. Dengan perbaikan, Márquez memulai start di belakang setelah tidak berhasil keluar dari pit lane sebelum lima menit menjelang start. Meskipun demikian, Márquez berusaha bangkit sejak start dan berhasil memenangkan perlombaan. Dengan demikian márquez memperpanjang keunggulannya sebelum seri terakhir di Valencia. Kemenangan kesepuluhnya pada musim 2010 membuatnya menyamai rekor yang dibuat oleh Valentino Rossi pada tahun 1997.[3] Marquez berada pada posisi keempat di balapan terakhir GP Valencia 2010 dan menjadikannya juara dunia termuda kedua setelah Loris Capirossi.[4][5]

Kejuaraan dunia kelas Moto2


Márquez di GP Ceko 2011.
Márquez pindah ke kelas Moto2 pada tahun 2011[6] sebagai pembalap tunggal dari tim baru Monlau Competición, yang dikelola oleh manager pribadinya sendiri Emilio Alzamora.Márquez memulai musim 2011 dengan sepasang kecelakaan GP Qatar 2011 dan GP Spanyol 2011, setelah berbenturan dengan Jules Cluzel.Dia finis di posisi 21 di GP Portugal 2011, sebelum meraih kemenangan perdana kela Moto2 di GP Perancis 2011. Di seri kandangnya ,GP Catalunya 2011, Márquez finis kedua dibelakang Stefan Bradl, sebelum terjatuh di GP Inggris 2011, start dari Pole Position pertamanya di Moto2. dengan Bradl meraih kemenangan keempatnya, Márquez mengutitnya dengan poin 82.Di GP Jepang 2011, Márquez meraih pole position ketujuhnya di musim itu tetapi berhasil dikalahkan oleh Andrea Iannone pada lomba.Di GP Australia 2011 Marquez mengalami insiden dengan menabrak Ratthapark Wilairot sehingga ia kena pinalti tambahan 1 menit dari catatan waktu tercepatnya pada sesi kualifikasi.Akan tetapi, ia berhasil meraih podium ketiga walaupun harus kehilangan posisi pimpinan klasemen oleh Bradl.Marquez harus merelakan gelar juara dunia jatuh ketangan Bradl setelah tidak mengikuti dua seri terakhir karena mengalami masalah penglihatan.Pada musim 2012,Marquez dipastikan bertahan di kelas Moto2. Marquez berhasil meraih gelar juara dunianya pada musim 2012 setelah berhasil mendominasi dimusim itu.Ia dipastikan akan membela Repsol Honda untuk tahun 2013 dan 2014 menggantikan Casey Stoner yang akan pensiun di akhir musim 2012 dan akan berpasangan dengan Dani Pedrosa.

Statistik

Musim ke musim

Musim Kelas Motor Tim Balapan Menang Podium Pole FLap Poin Posisi
2008 125cc KTM Repsol KTM 125cc 13 0 1 0 0 63 ke-13
2009 125cc KTM Red Bull KTM Motosport 16 0 1 2 1 94 ke-8
2010 125cc Derbi Red Bull Ajo Motorsport 17 10 12 12 8 310 ke-1
2011 Moto2 Suter Team CatalunyaCaixa Repsol 15 7 11 7 2 251 ke-2
2012 Moto2 Suter Team CatalunyaCaixa Repsol 17 9 14 7 5 324 ke-1
2013 MotoGP Honda Repsol Honda 18 6 16 9 11 334 ke-1
  • * Musim berlangsung.

Kelas ke kelas

Kelas Musim Balapan ke-1 Podium ke-1 Menang ke-1 Balapan Menang Podium Pole FLap Poin Juara
125 cc 2008–2010 2008 Portugal 2008 Inggris 2010 Italia 46 10 14 14 9 467 1
Moto2 2011–2012 2011 Qatar 2011 Perancis 2011 Perancis 32 16 25 14 7 575 1
MotoGP 2013– 2013 Qatar 2013 Qatar 2013 Americas 18 6 16 9 11 334 1

Balapan dari Tahun ke tahun

(key) (Balapan dengan tulisan bold menunjukkan pole position, Balapan dengan tulisan italics menunjukkan fastest lap)
Tahun Kelas Motor 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Posisi Akhir Poin
2008 125cc KTM QAT SPA
DNS
POR
18
CHN
12
FRA
Ret
ITA
19
CAT
10
GBR
3
NED
Ret
GER
10
CZE
Ret
RSM
4
IND
6
JPN
Ret
AUS
9
MAL VAL
ke-13 63
2009 125cc KTM QAT
Ret
JPN
5
SPA
3
FRA
Ret
ITA
5
CAT
5
NED
10
GER
16
GBR
15
CZE
8
IND
6
RSM
4
POR
Ret
AUS
9
MAL
Ret
VAL
17


ke-8 94
2010 125cc Derbi QAT
3
SPA
Ret
FRA
3
ITA
1
GBR
1
NED
1
CAT
1
GER
1
CZE
7
IND
10
RSM
1
ARA
Ret
JPN
1
MAL
1
AUS
1
POR
1
VAL
4

ke-1 310
2011 Moto2 Suter QAT
Ret
SPA
Ret
POR
21
FRA
1
CAT
2
GBR
Ret
NED
1
ITA
1
GER
1
CZE
2
IND
1
RSM
1
ARA
1
JPN
2
AUS
3
MAL
DNS
VAL
DNS

ke-2 251
2012 Moto2 Suter QAT
1
SPA
2
POR
1
FRA
Ret
CAT
3
GBR
3
NED
1
GER
1
ITA
5
IND
1
CZE
1
RSM
1
ARA
2
JPN
1
MAL
Ret
AUS
3
VAL
1

ke-1 324
2013 MotoGP Honda QAT
3
AME
1
SPA
2
FRA
3
ITA
Ret
CAT
3
NED
2
GER
1
USA
1
IND
1
CZE
1
GBR
2
RSM
2
ARA
1
MAL
2
AUS
DSQ
JPN
2
VAL
3
ke-1 77*
  • * Musim berlangsung.

Referensi

  1. ^ "Márquez makes it four in a row at Catalunya". motogp.com (Dorna Sports). 4 July 2010. Diakses 4 July 2010. "Marc Márquez became the youngest ever rider to take four successive Grand Prix wins on Sunday when he triumphed in the 125cc Gran Premi Aperol de Catalunya."
  2. ^ "Márquez continues winning run at Sachsenring". motogp.com (Dorna Sports). 18 July 2010. Diakses 18 July 2010.
  3. ^ "Dramatic tenth victory of season for Márquez in Portugal". motogp.com (Dorna Sports). 31 October 2010. Diakses 3 November 2010.
  4. ^ "Smith wins in Valencia as Márquez seals 125cc title". motogp.com (Dorna Sports). 7 November 2010. Diakses 9 November 2010.
  5. ^ "Marc Márquez: 2010 125cc World Champion". motogp.com (Dorna Sports). 7 November 2010. Diakses 9 November 2010.
  6. ^ "125GP champ Marquez makes Moto2 move". crash.net (Crash Media Group). 24 November 2010. Diakses 17 January 2011.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

JORGE LORENZO

Jorge Lorenzo
Jorge Lorenzo 2010 Indianapolis.jpg
Jorge Lorenzo di Indianapolis Motor Speedway tahun 2010.
Kebangsaan  Spanyol
Lahir 4 Mei 1987 (umur 27)
Palma, Spanyol
Tim saat ini Yamaha Factory Racing
No. motor 99
Situs web jorgelorenzo.com
[sembunyikan]Statistik karier
Kejuaraan dunia kelas MotoGP
Tahun aktif 2008–sekarang
Pabrikan Yamaha
Juara dunia 2 (2010, 2012)
Klasemen 2012 Posisi 1
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
85 23 60 25 16 1444
Kejuaraan dunia kelas 250cc
Tahun aktif 2005–2007
Pabrikan Honda (2005)
Aprilia (20062007)
Juara dunia 2 (2006, 2007)
Klasemen 2007 Juara (312 poin)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
48 17 29 23 4 768
Kejuaraan dunia kelas 125cc
Tahun aktif 2002–2004
Pabrikan Derbi
Juara dunia 0
Klasemen 2004 Posisi 4 (179 poin)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
46 4 9 3 3 279
Jorge Lorenzo Guerrero[1] (lahir di Palma de Mallorca, Spanyol, 4 Mei 1987; umur 27 tahun), merupakan seorang pembalap MotoGP asal Spanyol. Saat ini ia bergabung di tim Fiat Yamaha. Ia merupakan juara dunia kelas 250cc tahun 2006 dan 2007.[2] Tanggal 10 Oktober 2010, Jorge Lorenzo memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya walaupun hanya finish ketiga di GP Malaysia.Saat ini, dia di kelas MotoGP, pada Yamaha Factory Team.

Daftar isi

  • 1 Karier
    • 1.1 125cc dan 250cc
    • 1.2 MotoGP
  • 2 Lain-lain
    • 2.1 Selebrasi
    • 2.2 Rivalitas
    • 2.3 Amal
  • 3 Statistik karier
    • 3.1 Musim ke musim
    • 3.2 Kelas ke kelas
  • 4 Catatan kaki
  • 5 Pranala luar

Karier

125cc dan 250cc


Jorge Lorenzo ketika masih di kelas 250cc.
Jorge Lorenzo Guerrero[1] (lahir di Palma de Mallorca, Spanyol, 4 Mei 1987; umur 27 tahun), merupakan seorang pembalap MotoGP asal Spanyol. Saat ini ia bergabung di tim Fiat Yamaha. Ia merupakan juara dunia kelas 250cc tahun 2006 dan 2007.[2] Tanggal 10 Oktober 2010, Jorge Lorenzo memastikan diri sebagai juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya walaupun hanya finish ketiga di GP Malaysia.Saat ini, dia di kelas MotoGP, pada Yamaha Factory Team.[3][4]

Jorge Lorenzo memulai kariernya di dunia MotoGP di kelas 125cc pada tahun 2002 pada seri Spanyol. Saat itu ia tidak bisa mengikuti sesi latihan karena usianya tidak mencukupi, karena regulasi MotoGP mengharuskan seorang pembalap minimal berusia 15 tahun untuk bisa turun di MotoGP. Namun ia bisa mengikuti sesi kualifikasi kedua karena hari itu tepat hari ulang tahunnya yang ke-15. Ia memenangi Grand Prix pertamanya di musim berikutnya pada seri Rio de Janeiro di Brazil.
Dua musim berikutnya yaitu tahun 2005 ia turun di kelas 250cc, sejak saat itu ia mulai diperhitungkan keberadaannya di dunia MotoGP, dengan meraih 6 kali podium di musim 2005. Pada 2006 ia berhasil meraih kemenangan balapan kelas 250cc nya di Qatar. Di musim 2006 juga ia berhasil meraih 8 kali kemenangan dan 10 pole position yang kemudian mengantarnya menjadi juara dunia 250cc untuk pertama kalinya. Selanjutnya di musim 2007 ia berhasil mempertahankan mahkota juara dunia 250cc setelah meraih 9 kali kemenangan dan 9 kali pole position.[5]
Kemenangan Jorge di Misano pada musim 2007 membuatnya tercatat sebagai pembalap Spanyol paling sukses di arena kelas 250cc dengan total 16 kemenangan, atau satu kemenangan lebih banyak dari Daniel Pedrosa dan Sito Pons.

MotoGP


Jorge Lorenzo di musim 2008.
Pada 25 Juli 2007 ia menandatangani kontrak dengan Fiat Yamaha[6] dan menjadi rekan Valentino Rossi untuk musim 2008 dan 2009.[7][8] Pada seri pertamanya di kelas MotoGP 2008 ia langsung merebut pole position, dan membuat ia menjadi orang kedua yang melakukan itu sejak Max Biaggi melakukannya pada tahun 1998. Tiga seri berikutnya ia mempertahankan pole position-nya dan memenangi kelas MotoGP untuk pertama kali di sirkuit Estoril, Portugal.[9][10] Di seri selanjutnya di MotoGP Grand Prix of China ia mengalami kecelakaan hebat pada sesi latihan sehingga membuatnya tidak bisa membalap secara fit di balapan tersebut, walaupun akhirnya secara brilian ia mampu finish keempat saat lomba.[11] Selanjutnya di seri Le Mans, lagi-lagi Lorenzo mengalami kecelakaan di sesi latihan bebas, namun secara brilian pula ia bisa balapan dan finish kedua.[12] Kesialan belum berakhir dari Lorenzo saat ia kembali lagi mengalami kecelakaan di seri Mugello[13], dan puncaknya di Sirkuit Catalunya saat ia lagi-lagi terjatuh dan akhirnya menyebabkannya gagal mengikuti balapan.
Lorenzo kemudian kembali turun balapan di Donington Park dan berakhir dengan finish di P6. Hasil yang sama ia bukukan kembali di seri selanjutnya di Assen, sebelum akhirnya lagi-lagi mengalami kecelakaan di seri Jerman.[14] Kemudian di seri Laguna Seca Lorenzo kembali lagi mengalami kecelakaan hebat saat balapan, yang membuatnya kemudian disebut sebagai pembalap rookie MotoGP yang paling banyak mengalami kecelakaan. Lorenzo kemudian meraih dua podium di San Marino dan Indianapolis. Secara keseluruhan ia berada di P4 klasemen musim 2008 dengan 190 poin.
Masuk ke musim 2009, Jorge Lorenzo tampil semakin kuat dan matang, ia terus menempel ketat seniornya di tim Yamaha, Valentino Rossi sepanjang musim.[15] Di musim 2009, Lorenzo tampil sebagai juara di empat balapan (Jepang, Perancis, Indianapolis, dan Portugal). Ia juga mampu meraih 5 kali pole dan total 12 podium. Di akhir musim Lorenzo berada di P2 klasemen dengan raihan 261 poin.[16][17]
Tanggal 25 Agustus 2009, Jorge Lorenzo mengakhiri gosip tentang peluang kepindahan dirinya ke Honda atau Ducati untuk musim 2010 dengan menandatangani perpanjangan kontrak bersama Yamaha.[18] Ducati dilaporkan menawari Lorenzo dengan kontrak bernilai 15 juta dollar semusim untuk menjadi rekan setim Casey Stoner di musim 2010, namun Lorenzo akhirnya lebih memilih untuk bertahan di Yamaha.
Lorenzo sempat mengalami cedera ringan di tangan karena mengalami kecelakaan saat pra-musim 2010. Ia kemudian memilih untuk tidak mengikuti beberapa sesi tes di awal musim. Pada balapan pertama di Qatar, Lorenzo mampu finish kedua di belakang Rossi, sekalipun kondisi tubuhnya sebenarnya tidak memungkinkannya untuk membalap.[19] Segera setelah Rossi dipastikan absen beberapa seri akibat cedera karena kecelakaan di Mugello, Yamaha kemudian membekali Lorenzo agar bisa menjadi penantang gelar juara dunia 2010. Setelah meraih empat kemenangan dari enam lomba awal, Lorenzo naik ke puncak klasemen dan ia memiliki selisih 47 angka atas saingannya di P2. Kemenangan di Assen kemudian mengantarkan Lorenzo menjadi pembalap ketujuh yang mampu meraih kemenangan di sirkuit legendaris itu dalam tiga kelas yang berbeda.[20] Di paruh musim kedua, Daniel Pedrosa tampil sebagai penantang serius untuk perebutan gelar juara dunia, sampai akhirnya datang musibah bagi Pedrosa saat ia mengalami kecelakaan di Jepang, yang mengharuskannya absen di dua lomba. Jorge Lorenzo akhirnya mengunci gelar juara dunia MotoGP 2010 setelah finish ketiga di Sepang, Kuala Lumpur di belakang Valentino Rossi dan Andrea Dovizioso.[21] Ia menjadi orang Spanyol pertama sejak Alex Criville di 1999 yang mampu menjadi juara dunia MotoGP. Usai lomba, Daniel Pedrosa yang masih menjalani pengobatan di Spanyol kemudian menelepon Lorenzo dan mengucapkan selamat atas kemenangannya sebagai juara dunia MotoGP 2010.[22]

Lain-lain

Selebrasi


Jorge Lorenzo saat menang di Motegi tahun 2009.
Lorenzo dikenal memiliki semangat dan rasa humor yang tinggi saat merayakan kemenangannya, utamanya saat ia mendominasi musim 2010. Beberapa selebrasi kemenangan Lorenzo di musim 2010 antara lain menjadi pegolf, astronot, dan membawa dua maskot Mario dari serial Nintendo Mario Bersaudara saat ia memastikan diri sebagai juara dunia 2010 di Malaysia.

Rivalitas

Perjalanan Jorge Lorenzo di musim 2010 diwarnai juga dengan rivalitas antara dirnya dan Valentino Rossi di tim Fiat Yamaha.[23] Rossi pernah sekali menyebutkan bahwa: "tidak benar jika dua pembalap dalam satu tim itu bersahabat." Kemudian setelah Lorenzo menjadi juara dunia 2010, Rossi kemudian kembali berujar bahwa Jorge Lorenzo perlu motivasi baru untuk bisa membuatnya terus bersemangat dalam mempertahankan gelar juara dunianya di musim 2011 mendatang.

Amal

Pada bulan Januari 2010, Jorge Lorenzo terlibat ikut serta dalam konfederasi internasional Oxfam untuk membantu korban bencana alam gempa bumi Haiti 2010.[24]

Statistik karier

Musim ke musim

Musim Kelas Motor Tim Balapan Menang Podium Pole FLap Poin Klsmn
2002 125cc Derbi RS 125
14 0 0 0 0 21 ke-21
2003 125cc Derbi RS 125
16 1 2 1 1 79 ke-12
2004 125cc Derbi RSA 125
16 3 7 2 2 179 ke-4
2005 250cc Honda RS250RW
15 0 6 4 0 167 ke-5
2006 250cc Aprilia RSW 250
16 8 11 10 1 289 ke-1
2007 250cc Aprilia RSW 250
17 9 12 9 3 312 ke-1
2008 MotoGP Yamaha YZR-M1 Yamaha-YMR 17 1 6 4 1 190 ke-4
2009 MotoGP Yamaha YZR-M1 Yamaha-YMR 17 4 12 5 4 261 ke-2
2010 MotoGP Yamaha YZR-M1 Yamaha-YMR 18 9 16 7 4 383 ke-1
2011 MotoGP Yamaha YZR-M1 Yamaha-YMR 15 3 10 2 2 260 ke-2
2012 MotoGP Yamaha YZR-M1 Yamaha-YMR 18 6 16 7 5 350 ke-1
Total


179 44 98 51 23 2491
  • *Musim telah berjalan.

Kelas ke kelas

Kelas Musim GP Prtm Pod Prtm Mng Prtm Balapan Menang Podium Pole FLap Poin JDunia
125 cc 2002–2004 Spanyol 2002 Brasil 2003 Brasil 2003 46 4 9 3 3 279 0
250 cc 2005–2007 Spanyol 2005 Italia 2005 Spanyol 2006 48 17 29 23 4 768 2
MotoGP 2008–sekarang Qatar 2008 Qatar 2008 Portugal 2008 85 23 60 25 16 1444 2
Total 2002–sekarang


179 44 98 51 23 2491 4

Catatan kaki

  1. ^ ""Si no soy campeón este año, sí estaré más cerca"". La Vanguardia (dalam bahasa Spanish) (Javier Godó; La Vanguardia Ediciones S.L.). 2010-05-01. Diakses 2010-07-31.
  2. ^ "Fortuna's Jorge Lorenzo, 250cc World Champion". LondonBikers.com. Diakses 2007-10-28.
  3. ^ Rossi Fantastis, Lorenzo Juara Dunia - Kompas
  4. ^ Rossi menang, Lorenzo juara dunia - DetikSport
  5. ^ "Dutch MotoGP: Jorge Lorenzo still the man to beat as 250s head out at Assen". Motorcycle News. Diakses 2007-10-28.
  6. ^ "Edwards To Race MotoGP In 2008". SuperbikePlanet.com. Diakses 2007-10-28.
  7. ^ "Yamaha net 250cc champion Lorenzo". BBC.co.uk. July 25, 2007. Diakses 2007-10-28.
  8. ^ "Yamaha signs Jorge Lorenzo to MotoGP squad on two-year contract". International Herald Tribune. Diakses 2007-10-28.
  9. ^ "Lorenzo undergoes arm operation". BBC.co.uk. April 15, 2008. Diakses 2008-04-15.
  10. ^ "Spain's MotoGP fit for a King". BBC.co.uk. March 31, 2008. Diakses 2008-04-14.
  11. ^ "Video Jorge Lorenzo Crash Shanghai MotoGP FP1".
  12. ^ Jorge Lorenzo crashes in Le Mans before the race - Jorge Lorenzo. Zimbio. Retrieved on 2010-10-14.
  13. ^ No time to dwell for battered Lorenzo | MotoGP News | Jun 2008. Crash.Net (2008-06-03). Akses: 2010-10-14.
  14. ^ Sachsenring MotoGP: Jorge Lorenzo sorry for early exit - | Motorcycle Sport | WSB | BSB | MotoGP | TT & Road races | MCN. Motorcyclenews.com. Akses: 2010-10-14.
  15. ^ autosport.com. autosport.com. Akses: 2010-10-14.
  16. ^ autosport.com. autosport.com. Retrieved on 2010-10-14.
  17. ^ autosport.com. autosport.com. Akses: 2010-10-14.
  18. ^ "Lorenzo signs Yamaha deal". Insidebikes. Diakses 2009-08-26.
  19. ^ "Lorenzo 'rides with his heart' for second". crash.net (Crash Media Group). 2010-04-12. Diakses 2010-04-13.
  20. ^ "Fourth win leaves Lorenzo 'calm and relaxed'". crash.net (Crash Media Group). 2010-06-26. Diakses 2010-06-26.
  21. ^ "Jorge Lorenzo secures MotoGP world title". BBC Sport (BBC). 2010-10-10. Diakses 2010-10-12.
  22. ^ Daniel Pedrosa: Lorenzo Pantas Juara - Okezone
  23. ^ "Lorenzo vs. Rossi: Rivalry Escalates". Motorcycle USA (Motorcycle-USA.com). 2010-10-8. Diakses 2010-10-13.
  24. ^ Jorge Lorenzo supports Haiti cause. MotoGP, 26 Januari 2010. Diakses pada 14 Oktober 2010.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

VALENTINO ROSSI

Valentino Rossi
Valentino Rossi 2010 Qatar.jpg
Rossi saat di Qatar 2010
Kebangsaan Italian
Lahir 16 Februari 1979 (umur 35)
Urbino, Italia
Tim saat ini Yamaha
No. motor 46
Situs web valentinorossi.com
[sembunyikan]Statistik karier
Kejuaraan dunia kelas MotoGP
Tahun aktif 2000–saat ini
Pabrikan Honda (20002003)
Yamaha (20042010)
Ducati (20112012)
Yamaha (2013–saat ini)
Juara dunia 7 (2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, 2009)
Klasemen 2012 6 (163 poin)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
198 79 139 49 66 3456
Kejuaraan dunia kelas 250cc
Tahun aktif 1998–1999
Pabrikan Aprilia
Juara dunia 1 (1999)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
30 14 21 5 11 510
Kejuaraan dunia kelas 125cc
Tahun aktif 1996–1997
Pabrikan Aprilia
Juara dunia 1 (1997)
Start Menang Podium Pole F. lap Poin
30 12 15 5 9 432
Valentino Rossi (lahir di Urbino, Italia, 16 Februari 1979; umur 35 tahun) adalah seorang pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia setelah era Michael Doohan, dengan titel juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarier.Ia adalah salah seorang pembalap tersukses sepanjang masa, dengan 9 gelar Juara Dunia. Menurut majalah olah raga terbitan Amerika, Sports Ilustrated, Rossi adalah salah satu olahragawan bergaji terbesar di duunia, ia diperkirakan digaji $34 juta pada 2007. Putra dari mantan pembalap GP 250 cc Graziano Rossi dan Stefania Palma ini memegang banyak rekor dan prestasi yang diraihnya melampaui banyak seniornya. Total pembalap eksentrik ini membukukan 9 gelar juara dunia, sekali di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, dan tujuh kali di kelas puncak, 500cc dan MotoGP.
Setelah ayahnya, Graziano Rossi, Rossi memulai balapan di Grand Prix pada 1996 untuk Aprilia di antara 125 cc kategori dan memenangkan Kejuaraan Dunia pertama tahun berikutnya. Dari sana, ia pindah ke kategori 250cc dengan Aprilia dan memenangkan 250cc Kejuaraan Dunia pada tahun 1999. Ia memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc dengan Honda pada tahun 2001, Kejuaraan Dunia MotoGP (juga dengan Honda) pada tahun 2002 dan 2003, dan melanjutkan kemenangan beruntunnya dengan memenangkan kejuaraan dunia 2004 dan 2005, setelah meninggalkan Honda untuk bergabung dengan Yamaha, sebelum merebut kembali gelar pada 2008 dan mempertahankannya pada tahun 2009.
Rossi adalah yang pertama dalam klasemen terbanyak memenangkan perlombaan dalam sejarah 500 cc / MotoGP, dengan 79 kemenangan, dan kedua di sepanjang masa menang klasemen keseluruhan dengan 105 menang balapan (di belakang Giacomo Agostini dengan 122). Rossi, bersama Jimmie Johnson (NASCAR), Michael Schumacher (F1) dan Sebastien Loeb (WRC), juga banyak disebut orang sebagai salah satu legenda olahraga otomotif di awal Abad 21.

Daftar isi

  • 1 Lahir untuk balap
  • 2 Entertainer
  • 3 Julukan Rossi
  • 4 Pindah ke Yamaha
  • 5 Kehidupan Pribadi
    • 5.1 Hobi
    • 5.2 Hewan Peliharaan
  • 6 Statistik karier
    • 6.1 Musim Balapan
    • 6.2 Kelas
    • 6.3 Tahun
  • 7 Rekor
  • 8 Bibilografi
  • 9 Pranala luar

Lahir untuk balap

Rossi memang dilahirkan untuk menjadi pembalap, Ia tumbuh dilingkungan yang sangat mendukung kariernya. Ayahnya, Graziano Rossi adalah seorang pembalap besar dimasa ’70-an. Otomatis ia besar dilingkungan yang kental atmosfer balap. Ketika anak-anak seusianya asyik dengan mainannya, Rossi bermain dengan motor balap sungguhan di tengah paddock pembalap ternama Luca Cadalora ataupun Loris Reggiani. Dia seorang Interisti sejati

Entertainer

Saat pertama bergabung di GP 500cc bersama tim bekas Doohan, yang dikepalai oleh seorang mekanik handal Australia bernama Jerremy Burgess, suasana paddock sangat terpengaruh perangai Doohan yang temperamental. Semua mekanik dan staff tim tampak serius dan cenderung penuh tekanan. Suasana ini buat Rossi sungguh tak masuk akal, menurutnya ia tak bisa membayangkan membalap tanpa merasa fun, kemudian waktu ia mulai menang, ia bertekad untuk merayakan besar-besaran, menurutnya ia cuma ingin melakukan sesuatu yang baru, menunjukkan emosi memenangkan balap.
Sejak saat itulah, pesta kemenangan jadi ciri khasnya. Tak hanya bersama teman, juga ribuan pendukungnya yang memadati sirkuit. Dengan aksi-aksinya, Rossi bagaikan magnet yang menarik orang untuk menonton GP. Para pecinta GP tentu masih ingat akan aksinya memboncengkan fansnya yang berkostum ayam berkeliling sirkuit, aksinya memboncengkan fans yang berpakaian dokter, ia juga pernah membonceng angka satu raksasa sebagai simbol juara dunia, juga aksi wheelie dan burnout nya yang sudah tak terhitung setiap memperoleh kemenangan. Ia juga kerap memberikan kneepad atau topi nya kepada fansnya dengan melemparnya saat berada di podium. “Valentino itu petarung hebat. Tetapi ia juga tahu kalau kita berada di tengah bisnis hiburan. Jadi ia juga suka menghibur,” kata Burgess.

Julukan Rossi

Dalam perjalanan balapnya rossi, kerap berganti julukan dan melakukan hal-hal yang menarik perhatian dan menghibur. Ia beralasan bahwa semuanya itu dilakukan dimulai dengan niat bersenang-senang dan melakukan sesuatu yang lucu.
Rossifumi Julukan Rossi yang diciptakan oleh temannya saat Rossi membalap di kelas 125cc julukan ini tercipta karena Rossi kagum dengan pembalap Jepang yang khas dengan rambut panjangnya, Norick Abe yang saat itu berumur 17 tahun dan dengan gigih bertarung dengan Michael Doohan dan Kevin Scwantz dikelas 500cc, karena nama asli pembalap Jepang itu Norifumi Abe maka Rossi dijuluki Rossifumi.Tahun 2004 Rossi dan Abe sama-sama membela Yamaha berada dalam beda tim namun satu grafis,yaitu dominasi warna biru.Rossi berada di tim Gauloises Fortuna Yamaha Team sedangkan Abe bernaung di Fortuna Gauloises Tech 3 Yamaha Team.
Valentinik Julukan ini berasal dari tokoh kartun Daffy Duck yang menjadi superhero yang di Italia bernama Paperinik. Julukan ini dipakainya pada saat membalap di kelas 250cc.
The Doctor Setelah naik ke kelas 500cc pada musim 2000 Rossi menjuluki dirinya dengan The Doctor karena membalap di kelas 500cc butuh keseriusan dan ia merasa dirinya bukan anak kecil lagi, selain itu ia juga menyukai ide sebagi illmuwan gila dan melakukan eksperimen gila, ia menganggap pantas memakai julukan itu setelah mendapatkan prestasi sebagai juara dunia.”Di balap 500cc kita tidak butuh superhero. Yang kita perlukan cuma tenang, kalem, dan pemikir seperti dokter,”ucapnya. Disamping itu, nama Valentino di Italia kebanyakan digunakan oleh para dokter. Ia juga mulai mengurangi perayaan kemenangan yang dianggapnya sudah tak pantas ia lakukan. “Cukup dengan melambai seperti pembalap lain, lalu malamnya pesta habis-habisan bareng sahabat-sahabat saya.”

Pindah ke Yamaha

Pada akhir musim 2003 menjelang musim 2004 Valentino Rossi membuat keputusan yang mengejutkan. Ia memutuskan hijrah dari tim yang dibelanya waktu itu yaitu tim pabrikan Honda, Repsol Honda HRC yang telah mengantarkan dirinya meraih juara dunia 2002 dan 2003 serta membawa Doohan merebut juara dunia 1994, 1995, 1996, 1997, 1998 juga Alex Criville menjadi juara dunia 1999. Rossi memutuskan meninggalkan tim super tersebut dan memilih bergabung bersama tim Yamaha, yang terakhir meraih juara dunia pada tahun 1992 melalui pembalap Wayne Rainey. Rossi tidak pindah ke tim Yamaha sendirian, ia juga membawa Jerremy Burgess, kepala mekaniknya yang dahulu juga menangani Doohan dan Criville. Mereka melakukan serangkaian tes membenahi teknologi motor Yamaha YZR-M1 milik Rossi agar mampu menandingi motor terkuat di MotoGP saat itu, RC211V milik Honda.
Mengenai kepindahannya ini, banyak yang tak mengira dan pesimis ia akan mampu mempertahankan gelar juaranya. Salah satu pernyataan pesimis datang dari Max Biaggi, musuh bebuyutannya mengatakan, “Aku tak menyangka ia pindah ke Yamaha, tapi bagaimanapun juga akan sulit mengalahkan Honda. Bahkan Rossi sendiri kurang optimis ia mampu mempertahankan juara dunianya. “Kami membutuhkan waktu untuk tampil kompetitif, untuk menang pada musim pertama bersama Yamaha jelas sangat sulit”. Tapi ia mementahkan semua pandangan pesimis tersebut. Bahkan pada seri pertama musim 2004 di GP Welkom, Afrika Selatan ia mengalahkan Max Biaggi yang mengendari motor Honda, meskipun dengan perlawanan yang sangat ketat, dengan motor Yamaha, yang terakhir naik podium tahun 1992. Bahkan pada tahun 2004 dan 2005 Rossi menjadi juara dunia bersama Yamaha dan menjadi pembalap Yamaha pertama yang paling banyak juara dalam satu musim (Rossi juara 9 kali pada musim 2005).

Kehidupan Pribadi

Hobi

Rossi mencoba untuk menjaga kehidupan pribadinya dari mata publik sebanyak mungkin, meskipun ia tidak membuat rahasia tentang kesukaannya pada klub sepak bola Italia Inter Milan. Rossi sering menonton langsung pertandingan Inter Milan dengan duduk bersama para pemain cadangan mereka. Rossi dikenal berteman dekat dengan pemain Inter Milan Marco Materazzi dan Balotelli, Bahkan sesaat setelah memenangi Grandprix Jerman 2006 Rossi merayakan dengan memakai kaos sepak bola Italia bernomor 23 milik Materazzi. Setelah Rossi memenangkan gelar Dunia yang kesembilan pada bulan Oktober 2009, Inter Milan mengucapkan selamat kepada Rossi pada website resmi mereka. Rossi juga seorang kidal.

Hewan Peliharaan

Anjing peliharaan Rossi yang terkenal bernama Guido, bulldog Inggris yang telah sejak tahun 2000 dimilikinya. Setelah Rossi sering berkeliling dunia Guido tidak bisa tinggal di London dan tinggal bersama ibu Rossi di Tavullia. Rossi hanya bisa melihat anjing saat mengunjungi Ibunya. Guido yang gambarnya telah menjadi maskot pada jok motor dan helm Rossi, meninggal setelah GP Australia 2008, dan untuk memberi penghargaan, Rossi merancang stiker khusus bergambar Guido dengan sepasang sayap malaikat surgawi sedang mengambang di awan. Guido telah beberapa kali tampil lain pada motor Rossi. Ketika tertinggal 32 poin di kejuaraan tahun 2006, Guido berpakaian dengan setelan Inuit. Guido juga mengenakan baju tahanan selama tes pra musim.
Kematian Guido telah menarik begitu banyak perhatian seperti yang disebutkan di koran olahraga Italia yang paling bergengsi Gazzetta dello Sport. Sang Anjing bahkan membintangi Quarantasei, sebuah novel grafis yang dihasilkan oleh Milo Manara berisi fiksi tentang petualangan Valentino Rossi dan akhirnya meraih kejayaan dalam balap motor.
Sejak kematian Guido, Rossi kini memiliki dua anjing baru (satu jantan dan satu betina), anjing baru tersebut diberi nama Cesare dan Cecilia. Selama GP Misano tahun 2009, tepa njing itu mengenakan telinga keled

Statistik karier

Musim Balapan

Musim Kelas Motor Tim Balap Mng Pod Pole FLap Poin Pos JDu
1996 125cc Aprilia RS125 Scuderia AGV Aprilia 15 1 2 1 2 111 9 0
1997 Aprilia RS125 Nastro Azzurro Aprilia 15 11 13 4 7 321 1 1
1998 250cc Aprilia RS250 Nastro Azzurro Aprilia 14 5 9 0 3 201 2 0
1999 Aprilia RS250 Aprilia Grand Prix Racing 16 9 12 5 8 309 1 1
2000 500cc Honda NSR500 Nastro Azzurro Honda 16 2 10 0 5 209 2 0
2001 Honda NSR500 Nastro Azzurro Honda 16 11 13 4 10 325 1 1
2002 MotoGP Honda RC211V Repsol Honda 16 11 15 7 9 355 1 1
2003 Honda RC211V Repsol Honda 16 9 16 9 12 357 1 1
2004 Yamaha YZR-M1 Gauloises Fortuna Yamaha 16 9 11 5 3 304 1 1
2005 Yamaha YZR-M1 Gauloises Yamaha 17 11 16 5 6 367 1 1
2006 Yamaha YZR-M1 Camel Yamaha 17 5 10 5 4 247 2 0
2007 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 18 4 8 4 3 241 3 0
2008 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 18 9 16 2 5 373 1 1
2009 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 17 6 14 7 6 306 1 1
2010 Yamaha YZR-M1 Fiat Yamaha 14 2 10 1 2 233 3 0
2011 Ducati Desmosedici GP11 Ducati Corse 17 0 1 0 1 139 7 0
2012 Ducati Desmosedici GP12 Ducati Corse 18 0 2 0 2 163 6 0
2013 Yamaha YZR-M1 Yamaha Factory Racing 5 0 1 0 0 47 4 0
Total 274 107 175 61 86 4561
9

Kelas

Kelas Musim 1st GP 1st Pod 1st Win Balap Menang Podium Pole FLap Poin Juara Dunia
125 cc 1996-1997 1996 Malaysia 1996 Austria 1996 Rep Ceko. 30 12 15 5 9 432 1
250 cc 1998-1999 1998 Jepang 1998 Spanyol 1998 Belanda 30 14 21 5 11 510 1
500 cc 2000-2001 2000 Afsel. 2000 Spanyol 2000 Inggris 32 13 23 4 15 534 1
MotoGP 2002-Sekarang 2002 Jepang 2002 Jepang 2002 Jepang 135 64 105 44 48 2550 6
Total 1996-saat ini 258 105 175 59 86 4398 9

Tahun

(key) (Balapan yang tercetak tebal menunjukkan pole position) (Balapan yang tercetak miring menunjukkan fastest lap)
Th Kelas Tim 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 Pos Final Poin
1996 125 cc Aprilia MAL
6
INA
11
JPN
11
SPA
4
ITA
4
FRA
Ret
NED
Ret
GER
5
GBR
Ret
AUT
3
CZE
1
IMO
5
CAT
Ret
BRA
Ret
AUS
14



9th 111
1997 125 cc Aprilia MAL
1
JPN
Ret
SPA
1
ITA
1
AUT
2
FRA
1
NED
1
IMO
1
GER
1
BRA
1
GBR
1
CZE
3
CAT
1
INA
1
AUS
6



1st 321
1998 250 cc Aprilia JPN
Ret
MAL
Ret
SPA
2
ITA
2
FRA
2
MAD
Ret
NED
1
GBR
Ret
GER
3
CZE
Ret
IMO
1
CAT
1
AUS
1
ARG
1




2nd 201
1999 250 cc Aprilia MAL
5
JPN
7
SPA
1
FRA
Ret
ITA
1
CAT
1
NED
2
GBR
1
GER
1
CZE
1
IMO
2
VAL
8
AUS
1
RSA
1
BRA
1
ARG
3


1st 309
2000 500 cc Honda RSA
Ret
MAL
Ret
JPN
11
SPA
3
FRA
3
ITA
12
CAT
3
NED
6
GBR
1
GER
2
CZE
2
POR
3
VAL
Ret
BRA
1
PAC
2
AUS
3


2nd 209
2001 500 cc Honda JPN
1
RSA
1
SPA
1
FRA
3
ITA
Ret
CAT
1
NED
2
GBR
1
GER
7
CZE
1
POR
1
VAL
11
PAC
1
AUS
1
MAL
1
BRA
1


1st 325
2002 MotoGP Honda JPN
1
RSA
2
SPA
1
FRA
1
ITA
1
CAT
1
NED
1
GBR
1
GER
1
CZE
Ret
POR
1
BRA
1
PAC
2
MAL
2
AUS
1
VAL
2


1st 355
2003 MotoGP Honda JPN
1
RSA
2
SPA
1
FRA
2
ITA
1
CAT
2
NED
3
GBR
3
GER
2
CZE
1
POR
1
BRA
1
PAC
2
MAL
1
AUS
1
VAL
1


1st 357
2004 MotoGP Yamaha RSA
1
SPA
4
FRA
4
ITA
1
CAT
1
NED
1
BRA
Ret
GER
4
GBR
1
CZE
2
POR
1
JPN
2
QAT
Ret
MAL
1
AUS
1
VAL
1


1st 304
2005 MotoGP Yamaha SPA
1
POR
2
CHN
1
FRA
1
ITA
1
CAT
1
NED
1
USA
3
GBR
1
GER
1
CZE
1
JPN
Ret
MAL
2
QAT
1
AUS
1
TUR
2
VAL
3

1st 367
2006 MotoGP Yamaha SPA
14
QAT
1
TUR
4
CHN
Ret
FRA
Ret
ITA
1
CAT
1
NED
8
GBR
2
GER
1
USA
Ret
CZE
2
MAL
1
AUS
3
JPN
2
POR
2
VAL
13

2nd 247
2007 MotoGP Yamaha QAT
2
SPA
1
TUR
10
CHN
2
FRA
6
ITA
1
CAT
2
GBR
4
NED
1
GER
Ret
USA
4
CZE
7
RSM
Ret
POR
1
JPN
13
AUS
3
MAL
5
VAL
Ret
3rd 241
2008 MotoGP Yamaha QAT
5
SPA
2
POR
3
CHN
1
FRA
1
ITA
1
CAT
2
GBR
2
NED
11
GER
2
USA
1
CZE
1
RSM
1
IND
1
JPN
1
AUS
2
MAL
1
VAL
3
1st 373
2009 MotoGP Yamaha QAT
2
JPN
2
SPA
1
FRA
16
ITA
3
CAT
1
NED
1
USA
2
GER
1
GBR
5
CZE
1
IND
Ret
RSM
1
POR
4
AUS
2
MAL
3
VAL
2

1st 306
2010 MotoGP Yamaha QAT
1
SPA
3
FRA
2
ITA
DNS
GBR NED CAT GER
4
USA
3
CZE
5
IND
4
RSM
3
ARA
6
JPN
3
MAL
1
AUS
3
POR
2
VAL
3
3rd 233
2011 MotoGP Ducati QAT
7
SPA
5
POR
5
FRA
3
CAT
5
GBR
6
NED
4
ITA
6
GER
9
USA
6
CZE
6
IND
10
RSM
7
ARA
10
JPN
Ret
AUS
Ret
MAL
C
VAL
Ret
7th 139
2012 MotoGP Ducati QAT
10
SPA
9
POR
7
FRA
2
CAT
7
GBR
9
NED
13
GER
6
ITA
5
USA
DNS
IND
7
CZE
7
RSM
2
ARA
8
JPN
7
MAL
5
AUS
7
VAL
10
6th 163
2013 MotoGP Yamaha Factory Racing QAT
2
USA
6
SPA
4
FRA
12
ITA
Ret
CAT
4
NED
1
GER
3
USA
3
IND
4
CZE
4
GBR
4
RSM
4
ARA
3
MAL
4
AUS
3
JPN
6
VAL
4
4th 237

Rekor

Seluruh rekor diperbaharui sampai 14 April, 2010
Rekor 500 cc/MotoGP: Rossi adalah
  • Pertama juara seri terbanyak sepanjang sejarah dengan 78 kemenangan.
  • Pertama naik podium terbanyak sepanjang sejarah dengan 129 podium.
  • Pertama naik podium terbanyak dalam satu musim dengan 16 podium di 2003, 2005 dan 2008.
  • Pertama fastest lap terbanyak dalam satu musim dengan 12 fastest lap di 2003.
  • Pertama poin terbanyak dalam satu musim dengan 373 point di 2008.
  • Pertama podium secara berurutan dengan 23 podium berurutan, dari GP Portugal 2002 sampai GP Afrika Selatan 2004.
  • Kedua di kejuaraan dunia berturut-turut menang dengan 5 kali berturut-turut di kejuaraan dunia 2001-2005 bersama dengan Michael Doohan dengan 5 gelar juara dunia berturut-turut pada 1994-1998, di belakang Giacomo Agostini dengan 7 kali berturut-turut di kejuaraan dunia 1966-1972.
  • Kedua sepanjang sejarah dengan 7 gelar juara dunia, dibelakang Giacomo Agostini dengan 8 gelar juara dunia.
  • Kedua sepanjang sejarah posisi pole terbanyak dengan 48 pole, di belakang Michael Doohan dengan 58.
  • Kedua di klasemen sepanjang sejarah waktu lap tercepat balapan dengan 63 lap tercepat, di belakang Giacomo Agostini dengan 69.
  • Kedua terbanyak memenangkan lomba dalam satu musim dengan 11 kemenangan pada tahun 2001, 2002 dan 2005 bersama dengan Giacomo Agostini, di belakang Michael Doohan dengan 12 kemenangan pada tahun 1997.
  • Ketiga terbanyak posisi pole dalam satu musim dengan 9 kali posisi start terdepan pada tahun 2003 bersama dengan Casey Stoner dan Kevin Schwantz, di belakang Michael Doohan dengan 12 posisi pole pada tahun 1997, Wayne Gardner dan Freddie Spencer dengan masing-masing 10 posisi pole pada tahun 1987 dan 1985.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS